Kamis, 24 November 2011

RISET AKUNTANSI


RISET AKUNTANSI

Pengantar
Riset akuntansi adalah upaya yang dilakukan untuk kebenaran di bidang akuntansi. Ada beberapa metode penelitian yang dipakai, secara garis besar ada tiga cara yang dipilih :
  1. Metode kuantitatif, yaitu dengan menggunakan rumus-rumus statistic dalam mengidentifikasi dan mengolah variable yang muncul dari problema yang akan dijawab.
  2. Metode kualitatif, yaitu menggunakan narasi dan penguraian tentang variabel yang akan dibahas tanpa melakukan pengukuran.
  3. Metode campuran, yaitu dengan cara menggabungkan kedua metode diatas baik kuantitatif maupun kualitatif.

Proses Penelitian Ilmiah
Keabsahan metode yang digunakan menentukan apakah hasil dari suatu riset itu dapat diakui sebagai science atau tidak. Science berasal dari kata latin yang berarti mengetahui. Dari sikap ini mereka mendefinisikan Science sebagai keseluruhan ilmu pengetahuan yang dilahirkan dengan cara menggunakan metodologi ilmiah maka hasilnya sah menjadi Science.
Nachimas (1981, 15). Metodologi ilmiah adalah suatu sistem dari prosedur dan peraturan eksplisit berdasarkan mana suatu riset dilakukan dan ilmu pengetahuan dinilai.



Akuntansi : Art, Science atau Technology
J Para pendukung Art, akuntansi itu sangat sarat dengan pertimbangan dan penafsiran pribadi yang dilakukan oleh praktisi dibidang ini sehingga sukar merumuskan dalam formula matematis.
J Para pendukung Science, ilmu akuntansi itu banyak didominasi oleh prosedur pengukuran yang ketat yang akan menghasilkan atribut ekonomi yang mempunyai arti seperti dalam hal pengukuran asset yang dijadikan dasar peramalan.
J Para pendukung Technology, mengolah data yang belum berguna yang diperoleh menjadi laporan keuangan sebagai produk yang berguna bagi masyarakat.

Paradigma Akuntansi
George Ritzer, memperluas menjadi enam paradigma akuntansi :
  1. The inductive paradigm.
  2. The deduktif paradigm.
  3. The decision model paradigm.
  4. The aggeregate behaviour paradigm.
  5. The individual user paradigm.
  6. The economics paradigm.

Penelitian di Bidang Akuntansi
Bidang-bidang riset yang telah dilakukan dalam akuntansi :
  1. The decision model approach.
  2. Capital market research.
  3. Behaviour research.
  4. Agency teory
  5. Information economics.
  6. Deconstruction.
  7. Marxism in accounting.
  8. Islam in accounting.
Di lain pihak, Ahmed Belaoui membagi menjadi empat yaitu :
  1. Functionalist
  2. Interpretive
  3. Radical Humanist
  4. Radical Structuralist

Ruang Lingkup Penelitian Akuntansi
  1. Konsentrasi Akuntansi Keuangan
Pembahasan mengenai bagaimana laporan keuangan disusun untuk tujuan publik. Disini biasa dibahas metode pencatatan, prinsip dan standart akuntansi keuangan, penyajian laporan yang wajar, pemilihan teknik atau standart akuntansi, metode penyusutan, penyisihan, perbandingan, metode teori akuntansi. Konsentrasi ini dapat dikelompokkan menjadi bidang-bidang :
    1. Teori akuntansi
    2. Standart akuntansi
    3. Akuntansi sebagai pertanggungjawaban
    4. Perhitungan laba akuntansi
  1. Akuntansi Manajemen
Pembahasan mengenai bagaimana caranya agar akuntansi dapat dipergunakan untuk membuat informasi tentang model-model yang berguna dalam pengambilan keputusan yang dilakukan manajemen yaitu :
    1. Pengambilan keputusan
    2. Bidang manajemen
  1. Akuntansi Pasar Modal
Pembahasan mengenai bagaimana reaksi pasar terhadap keluarnya informasi akuntansi, laporan keuangan periodic atau informasi lainnya.
  1. Akuntansi Perpajakan
Pembahasan mengenai bagaimana akuntansi mengakomodasi masalah peraturan perpajakan, perbedaan konsep pengakuan biaya, pengakuan haisl perbedaan metode penyusutan, defense tax dan sebagainya.
  1. Auditing
Pembahasan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan auditing, teori, proses, hasil, perilaku dan sebagainya.
  1. Sistem Informasi Akuntansi
Pembahasan mengenai bagaimana angga mendesain system informasi akuntansi yang menghasilkan informasi yang sudah menjadi komoditi, dalam pertimbangannya akan memperhatikan cost benefit rasio.
  1. Tren Akuntansi
Pembahasan mengenai berbagai hal yang dibicarakan dalam literature, tetapi masih dalam tahap proses belum menjadi prinsipyang harus diberlakukan.
  1. Topik Lain
    1. Bidang akuntansi pemerintah
    2. Pendidikan dalam bidang akuntansi
    3. Akuntansi keperilakuan
    4. Akuntansi koperasi




Tidak ada komentar:

Posting Komentar