Kamis, 24 November 2011

PENGEMBANGAN SIKAP POSITIF DAN PENYESUAIAN DIRI


PENGEMBANGAN SIKAP POSITIF
DAN PENYESUAIAN DIRI

PENTINGNYA SIKAP POSITIF DALAM KEHIDUPAN
a.      Mengarahkan pada tindakan positif
Orang yang sukses harus selalu berpikiran positif. Orang yang selalu bersikap dan berpikiran positif, serta menyukai tantangan dan situasi yang rumit, berarti telah meraih setengah dari kesuksesannya. Kesukseksan bisa kita peroleh bila kita mau melalui rintangan demi rintangan tanpa mengendurkan semangat kita. Tidak ada orang yang bersikap buruk mampu mencapai sukses yang langgeng. Pikiran negatif menimbulkan kebimbangan saat hendak membuat suatu keputusan penting.  Pikiran negatif dapat menular , berkumpul dengan orang yang selalu negatif lama kelamaan akan mempengaruhi anda. Pikiran negatif membuat putus asa, pikiran negatif dapat merusak keyakinan serta memutus harapan hal ini berlangsung secara perlahan-lahan, kian lama akan menghapus semangat. Berpikir positif adalah sesuatu yang bisa dipelajari oleh siapapun, bagaimanapun keadaan, tabiat, maupun kecerdasannya.
Sikap akan mengiringi tindakan, tindakan yang positif akan membentuk pemikiran yang positif, dan pemikiran yang positif akan membentuk sikap yang positif. Saat tindakan dan pikiran kita makin positif, maka dalam diri kita akan terbina suatu perasaan nyaman. Apabila tindakan dan pikiran kita positif, orang lain akan lebih tertarik pada kita. Setiap orang senang pada orang-orang yang positif. Semua orang ingin merasa dirinya dibutuhkan, penting dan dihargai. Sikap yang kita berikan adalah sikap yang kita dapatkan dari orang lain. perlakuan yang diterima seseorang merupakan cermin perlakuannya terhadap orang lain. Orang-orang yang berpikiran positif selalu mencari gagasan yang baru yang akan meningkatkan kemampuan mereka menuju kesuksesan. orang-orang yang berpikiran positif tidak akan membuang-buang waktu dan tenaga hanya untuk hal-hal yang sepele, karena akan membuat mereka menyimpang dari tujuan dan prioritas utama mereka. Sikap yang positif akan membuat kita haus akan perkembangan / untuk tumbuh berkembang. Kenyataan dijumpai pada orang-orang sukses adalah perkembang yang terus berkesinambungan.

b.      Menimbulkan rasa optimis dan percaya diri
Sikap adalah suatu keadaan pikiran yang dipengaruhi oleh kecenderungan perasaan, pikiran  dan tindakan. Kepercayaan diri adalah sikap positif seorang individu yang memampukan dirinya untuk mengembangkan penilaian positif baik terhadap diri sendiri maupun  terhadap lingkungan/situasi yang dihadapinya.
Hal kedua adalah percaya diri. Beberapa prinsip untuk membangun rasa percaya diri:
1.        Menerima diri sendiri
Terima apa adanya kelebihan dan kekurangan anda
2.        Menghormati diri sendiri
Hormati bahwa anda adalah makhluk sempura
3.        Menghargai diri sendiri
Hargailah bahwa banyak kelebihan anda yang mungkin tidak dimiliki orang lain
4.        Memotivasi diri
Sering-seringlah membangkitkan semangat anda sendiri unutk memberi lebih
5.        Mengembangkan diri
Jangan berhenti belajar. Kuasai bidang yang anda sukai dan Kembangkan terus kemampuan anda selagi masih ada kesempatan.

c.       Mendukung keberhasilan
Dengan memandang diri sendiri secara positif, kepercayaan terhadap diri sendiri akan meningkat. Rasa percaya diri ini lah yang sesungguhnya pendorong keberhasilan. Tanpa adanya rasa percaya diri, tentu tidak berani melakukan hal-hal yang seharusnya anda lakukan untuk mencapai sasaran anda.

BATASAN SIKAP DAN PROSES PEMBENTUKANNYA
Sikap adalah evaluasi umum yang dibuat manusia terhadap dirinya sendiri, orang lain, obyek atau isue. Sikap adalah pandangan-pandangan atau perasaan yang disertai kecenderungan untuk bertindak sesuai sikap objek
Struktur sikap terdiri atas 3 komponen yang saling menunjang yaitu
1)        Komponen kognitif merupakan representasi apa yang dipercayai oleh individu pemilik sikap, komponen kognitif berisi kepercayaan stereotipe yang dimiliki individu mengenai sesuatu dapat disamakan penanganan (opini) terutama apabila menyangkut masalah isu atau problem yang kontroversial.
2)        Komponen afektif merupakan perasaan yang menyangkut aspek emosional. Aspek emosional inilah yang biasanya berakar paling dalam sebagai komponen sikap dan merupakan aspek yang paling bertahan terhadap pengaruh-pengaruh yang mungkin adalah mengubah sikap seseorang komponen afektif disamakan dengan perasaan yang dimiliki seseorang terhadap sesuatu.
3)        Komponen konatif merupakan aspek kecenderungan berperilaku tertentu sesuai dengan sikap yang dimiliki oleh seseorang. Dan berisi tendensi atau kecenderungan untuk bertindak / bereaksi terhadap sesuatu dengan cara-cara tertentu. Dan berkaitan dengan objek yang dihadapinya adalah logis untuk mengharapkan bahwa sikap seseorang adalah dicerminkan dalam bentuk tendensi perilaku.

UPAYA MENGEMBANGKAN SIKAP POSITIF
·                                 Bersikap netral
Orang yang bersikap positif cenderung menggunakan pendekatan yang netral baik terhadap orang lain maupun terhadap situasi yang dihadapinya. Mereka cenderung melihat sisi baik orang lain daripada sisi buruknya, dan berusaha melakukan sesuatu sebaik mungkin walau dalam situasi yang buruk. Dalam bidang manajemen, pendekatan seperti itu sangat berharga. Sikap netral akan membantu terwujudnya penilaian yang efektif ketika tampaknya tidak ada cara lain untuk mengatakan sesuatu yang buruk mengenai seseorang.

·                                 Mampu Mengendalikan Diri Maupun Situasi
Orang yang bersikap positif cenderung manampakkan kepercayaan terhadap diri dan kemampuan mereka sendiri. Mereka yang bersikap positif dapat mengendalikan orang lain karena mereka tidak mempunyai rintangan perihal kekuasaan mereka sendiri. Oleh karena itu, para manajer yang bersikap positif biasanya mampu melakukan pendelegasian secara efektif.

·                                 Optimis
Sikap positif berakar kuat dalam dunia nyata dan memperhitungkan segala sesuatu apa adanya, bukannya secara samar-samar menggambarkan bagaimana seharusnya. Manajer yang bersikap positif menunjukkan optimisme yang berlandaskan kenyataan.

·                                 Mampu Mengkomunikasikan Secara Efektif Semua Sifat Di Atas
Komunikasi yang efektif merupakan unsur penting dari sikap positif. Boleh jadi kita punya rencana manajemen yang gemilang, sangat efektif, dan berwawasan ke depan yang belum pernah ada, namun bila kita tidak dapat mengkomunikasikannya maka tidak akan terlaksana.

PERANAN PENYESUAIAN DALAM PENGEMBANGAN PRIBADI
Penyesuaian diri adalah proses mengubah diri sesuai dengan norma atau tuntutan lingkungan dimana dia hidup agar dapat berhasil menghadapi kebutuhan-kebutuhan internal, ketegangan, frustasi dan konflik sehingga tercapainya keharmonisan pada diri sendiri serta lingkungannya dan akhirnya dapat diterima oleh kelompok dan lingkungannya. Penyesuaian diri juga dapat didefinisikan sebagai suatu proses yang mencakup respon-respon mental dan perilaku yang diperjuangkan individu agar dapat berhasil menghadapi kebutuhan-kebutuhan internal, ketegangan, frustasi, konflik, serta untuk menghasilkan kualitas keselarasan antara tuntutan dari dalam diri individu dengan tuntutan dunia luar atau lingkungan tempat individu berada.
Penyesuaian sosial terjadi dalam lingkup hubungan sosial di tempat individu itu hidup dan berinterakasi dengan orang lain. Hubungan-hubungan sosial tersebut mencakup hungan dengan anggota keluarga, masyarakat, sekolah, teman sebaya, atau anggota masyarakat luas secara umum. Proses yang harus dilakukan individu dalam penyesuaian sosial adalah kemauan untuk mematuhi nilai dan norma sosial yang berlaku dalam masyarakat. Setiap kelompok masyarakat atau suku bangsa memiliki sistem nilai dan norma sosial yang berbeda-beda. Dalam proses penyesuaian sosial individu berkenalan dengan nilai dan norma sosial yang berbeda-beda lalu berusaha untuk mematuhinya, sehingga menjadi bagian dan membentuk kepribadiannya.

HAMBATAN – HAMBATAN DALAM PENYESUAIAN DIRI
a.         Rendah diri dan tidak mampu
Rendah diri adalah suatu penyakit. Penyakit ini termasuk penyakit yang berbahaya dan suatu sikap yang merugikan diri pribadi kita. Pengertian rendah diri adalah perasaan menganggap terlalu rendah pada diri sendiri. Orang yang menganggap diri sendiri terlalu rendah dikatakan rendah diri. Orang yang rendah diri berarti menganggap diri sendiri tidak mempunyai kemampuan yang berarti
Cara mengatasi timbulnya perasaan rendah diri :
Setiap orang mempunyai kelemahan dan kelebihan. Agar dapat terhindar dari perasaan rendah diri, dengan memperhatikan hal – hal di bawah ini.
1.            Menghargai diri sendiri.
Penyebab utama perasaan rendah diri bukanlah cara orang lain memperlakukan kita, melainkan bagaimana cara kita memberikan penghargaan kepada diri sendiri. Jika Anda sendiri menghargai diri sendiri dengan baik, orang lain tidak akan berhasil menjatuhkan mental Anda; sekalipun mereka berusaha untuk merendahkan Anda. Namun sebaik apapun orang lain memperlakukan Anda, jika Anda sendiri memandang rendah kepada diri sendiri maka Anda tetap akan menjadi pribadi yang rendah diri. Untuk bisa mengatasi rasa rendah diri kita harus mulai dengan cara menghargai diri sendiri dengan sepantasnya terlebih dahulu.
2.            Mengambil kendali atas hidup Anda.
Mari perhatikan lagi orang-orang disekitar kita. Ada orang-orang yang wajahnya tidak secantik atau setampan kita. Pendidikannya tidak setinggi kita. Penampilannya tidak sebonafid kita. Tetapi mereka begitu percaya diri. Mereka tidak menghiraukan cibiran orang lain. Mereka tidak memperdulikan pandangan yang meremehkan. Walhasil, mereka dapat berkarya semaksimal mungkin, lalu menghasilkan pencapaian yang tinggi. Apakah Anda bisa menemukan orang yang seperti itu? Mereka telah membuktikan bahwa kemudi hidup berada dalam kendalinya, bukan ditentukan oleh penilaian orang lain atas dirinya. Dengan mengambil kendali hidup, mereka berkonsentrasi kepada usaha-usahanya. Meski pada awalnya berat, namun di garis akhir mereka mendapatkan penghargaan yang tinggi. Bahkan dari orang-orang yang sebelumnya menyepelekan. 
3.            Mengimbangi kekurangan dengan kelebihan diri.
Keliru jika kita mengira orang lain lebih beruntung dari diri kita. Faktanya, setiap orang memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Orang-orang yang rendah diri adalah mereka yang terkurung dalam zona kekurangan dirinya sambil membiarkan potensi dirinya tersia-siakan. Sebaliknya, orang-orang yang berhasil bukanlah mereka yang tidak memiliki kekurangan, melainkan yang senantiasa berfokus pada usaha untuk mengoptimalkan kelebihan yang dimilikinya. Mereka menyadari kekurangan dirinya, namun mengimbangi kekurangan itu dengan kelebihan dirinya.
4.            Mengembangkan diri tiada henti.
Diatas gunung ada gunung. Bahkan sekalipun Anda seorang yang percaya diri, bisa jadi merasa rendah diri ketika berhadapan dengan orang lain yang tingkatannya lebih tinggi dari Anda. Seorang Manager mungkin merasa lebih superior dihadapan para staffnya. Namun, ketika berhadapan dengan para direktur? Gemetaran juga, bukan? Hal itu bisa diatasi dengan usaha mengembangkan diri secara terus menerus. Faktanya, orang lebih menghormati kemampuan seseorang daripada jabatan yang disandangnya. Meski jabatan Anda tinggi, jika kapasitas aktual Anda tidak sepadan; orang lain akan meremehkan Anda. Tetapi, sekalipun jabatan Anda biasa saja; jika Anda bisa menunjukkan kapasitas diri yang tinggi, orang tetap menghargai Anda.
5.            Berkontrisbusi kepada orang lain.
Fakta menunjukkan jika siapapun sangat menyukai orang-orang yang memberi kontribusi. Ketika seseorang mampu berkontribusi, dia langsung dihormati tanpa ditanya; berapa banyak uang yang Anda miliki? Seseorang yang berkontribusi dimuliakan tanpa dipermasalahkan apakah hidungnya mancung atau pesek, apakah dia seorang pejabat atau rakyat. Jika hidup kita masih dirundung rasa rendah diri, itu mungkin karena kita belum berkontribusi. Berkontribusilah kepada orang lain, maka Anda akan dihormati. Kemudian dengan kehormatan yang Anda dapatkan itu, rasa rendah diri akan sirna dengan sendirinya.

b.   Takut dan kuatir
Rasa takut bisa dialami setiap orang, karena merupakan bagian dari perasaan seseorang. Tapi, jika takut yang dirasakan berlebihan dan menguasai hidup Anda, itu yang tidak sehat. Karena itu, Anda harus menemukan cara mengatasi rasa takut, khususnya yang tidak rasional, dan bisa merugikan

Cara mengatasinya :
Kenali ketakutan Anda
Langkah pertama mengatasi rasa takut adalah mengenali penyebabnya. Kemudian, apa yang membuat Anda merasakan takut, dan bagaimana perasaan itu menguasai Anda. Dengan menyadari apa yang ditakutkan, hal ini akam membantu Anda mengurangi rasa takut. Sebab, saat berusaha menyadarinya, Anda berdialog dengan diri sendiri untuk mencari jalan keluarnya.
Menantang ketakutan
Bila takut akan sesuatu, salah satu cara terbaik mengatasinya adalah menghadapi dan menantangnya. Jika Anda takut ketinggian, pergilah ke atas sebuah gedung tinggi dan melihat ke bawah. Cara ini membantu Anda mengatasi rasa takut.
Membangun mental kendali
Hal ini yang sederhana sekali seperti belajar mengendalikan pikiran Anda untuk menghindari rasa takut. Bila mulai merasa takut, lawanlah perasaan itu. Lakukan sesuatu untuk mengalihkan perhatian
Hentikan perasaan yang membuat takut.
Hal ini penting sekali dlakukan, terutama bagi mereka yang tidak mampu mengontrol ketakutan sehingga selalu mengkhawatirkan hal-hal sama. Caranya, hanya menghentikan kekhawatiran atau ketakutan berlebihan.
Ubah ketakutan
Untuk menghadapi sumber dari rasa takut, maka harus mengakui apa yang membuat Anda takut. Setelah itu, mengubah rasa takut dengan mencari tahu cara menghadapinya. Jika merasa takut berjalan sendirian pada malam hari, maka sebaiknya Anda mengambil kursus bela diri untuk melindungi diri. Atau, bila khawatir tentang padangan orang-orang terhadap Anda, maka tingkatkanlah keterampilan sehingga anda menjadi lebih percaya diri.
Santai dan bangun keyakinan
Memerangi ketakutan merupakan salah satu strategi bagus. Sambil melawan rasa takut, Anda sekaligus membangun rasa percaya diri. Semakin Anda percaya diri, rasa takut yang menguasai pikiran Anda akan berkurang. Meminta bimbingan Tuhan dapat menjadi aktivitas pilihan untuk mengatasi rasa takut.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar